Asuransi

Jumlah Bonus Kumulatif dalam Asuransi Kesehatan yang Harus di Ketahui

Menginvestasikan uang hasil jerih payah Anda dalam asuransi kesehatan mungkin tampak seperti beban keuangan pada awalnya, tetapi itu terbayar beberapa kali lipat jika terjadi keadaan darurat medis. Namun apa yang terjadi jika Anda tidak mengajukan klaim selama masa berlaku polis? Apakah investasi Anda sia-sia tahun itu? Untungnya tidak! Perusahaan asuransi kesehatan menawarkan insentif khusus bagi pelanggan yang tetap sehat dan tidak memanfaatkan klaim. Ini disebut “Bonus Kumulatif” (CB). Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang Bonus Kumulatif dalam asuransi kesehatan.

Apa yang Dimaksud Dengan Bonus Kumulatif dalam Asuransi Kesehatan?

Bonus Kumulatif, juga dikenal sebagai Bonus Tanpa Klaim, adalah hadiah yang ditawarkan perusahaan asuransi kepada pelanggan mereka karena tidak mengajukan klaim. Penawaran yang biasa diberikan adalah potongan harga atas premi polis atau kenaikan harga pertanggungan dalam jangka waktu polis yang akan datang. Kedua hal ini tunduk pada batas atas.

Apa Peran Bonus Kumulatif dalam Asuransi Kesehatan?

Seperti dijelaskan sebelumnya, Bonus Kumulatif adalah insentif yang diberikan oleh perusahaan asuransi kesehatan kepada pelanggannya setelah masa bebas klaim selesai. Insentif yang biasa ditawarkan oleh perusahaan asuransi kesehatan adalah kenaikan uang pertanggungan hingga 5 sampai 50% dari total nilai pertanggungan. Kenaikan berakhir setelah sesuai dengan jumlah uang pertanggungan awal.

Jadi, apa yang terjadi jika Anda memanfaatkan klaim setelah menerima satu atau lebih Bonus Klaim? Jika Anda mengajukan klaim setelah menerima satu atau lebih Bonus Klaim, Anda akan kehilangan kenaikan yang Anda terima dari Bonus Klaim periode sebelumnya. Kerugiannya akan sama dengan kenaikannya. Jadi, jika kenaikannya sebesar 10% dari uang pertanggungan, Anda akan kehilangan akumulasi bonus Anda pada tingkat yang sama.

BACA  Pentingnya Asuransi Kesehatan Bagi Anak

Contoh: Tuan Vinoth membeli polis asuransi kesehatan yang mengasuransikannya sejumlah Rs. 5 lakh. Dan perusahaan asuransinya menawarkan Bonus Kumulatif sebesar 50% dari jumlah yang diasuransikan setelah menyelesaikan setiap periode bebas klaim. Kemudian, untuk siklus bebas klaim pertama, Mr. Vinoth berhak atas kenaikan uang pertanggungan sebesar Rs. 2,5 lakh. Artinya, dalam siklus berikutnya ia akan berhak atas uang pertanggungan sebesar Rs. 7,5 lakh.

Dengan cara yang sama, begitu dia menyelesaikan siklus polis bebas klaim lainnya, dia akan memenuhi syarat untuk mendapatkan tambahan Rs. 2,5 lakh. Dan total uang pertanggungannya akan meningkat menjadi Rs. 10 lakh. Karena sekarang total kenaikan yang dia terima (sekarang Rs. 5 lakh) sesuai dengan jumlah awal yang diasuransikan, dia tidak akan memenuhi syarat untuk kenaikan pada siklus berikutnya. Dan jika dia membuat klaim, dia akan kehilangan kenaikan yang diperoleh dari siklus sebelumnya, di siklus yang akan datang.

Manfaat Bonus Kumulatif dalam Asuransi Kesehatan

Berikut ini adalah manfaat penting dari Bonus Kumulatif

  • Anda akan mendapatkan imbalan dari perusahaan asuransi kesehatan Anda setelah selesainya masa bebas klaim.
  • Imbalannya berupa potongan premi polis atau kenaikan harga pertanggungan.
  • Anda dapat menghindari membayar premi yang lebih tinggi untuk cakupan lebih dan dengan demikian menghemat uang.
  • Atau, Anda dapat membayar lebih sedikit untuk pertanggungan yang sama (tergantung pada syarat dan ketentuan perusahaan asuransi).
  • Anda dapat mengakumulasikan Bonus Kumulatif Anda hingga periode polis 10 tahun.
  • Anda dapat menyelesaikan biaya pengobatan kecil dan menggunakan Bonus Kumulatif pada hari hujan.
  • Ini mendorong Anda untuk tetap sehat dan menghindari biaya pengobatan.
BACA  Bagaimana Cara Klaim Asuransi Kesehatan Perorangan?

Apa itu Bonus Kumulatif di Mediclaim?

Biasanya, Polis Mediclaim mengacu pada rencana asuransi yang menawarkan perlindungan finansial terhadap keadaan darurat medis. Beberapa inklusi dari rencana ini termasuk kecelakaan, penyakit mendadak dan operasi, dll. Polis Mediclaim menawarkan cakupan yang lebih rendah daripada polis asuransi kesehatan konvensional. Namun, dalam konteks Bonus Kumulatif, kedua kebijakan tersebut menawarkan insentif yang serupa.

Perbedaan Antara Bonus Kumulatif dan Bonus Tanpa Klaim dalam asuransi kesehatan

Anda mungkin pernah mendengar istilah “No Claim Bonus” atau “NCB” yang digunakan dalam konteks Asuransi mobil/sepeda. Ini digunakan untuk menunjukkan diskon yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi setelah selesainya masa bebas klaim oleh tertanggung. Namun, dalam konteks asuransi kesehatan, No Claim Bonus dan Cumulative Bonus digunakan secara bergantian. Yang sedang berkata, Bonus Kumulatif W88win adalah istilah yang lebih umum digunakan.

Meskipun terminologinya mirip, namun implikasi istilah “Bonus Tanpa Klaim” sedikit berbeda dalam asuransi kesehatan dan asuransi kendaraan bermotor. Dalam asuransi mobil/sepeda, ini hanya mengacu pada diskon atas premi polis yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Namun, dalam asuransi kesehatan, itu bisa berarti diskon pada premi polis atau peningkatan uang pertanggungan. Itu tergantung pada syarat dan ketentuan dari perusahaan asuransi kesehatan.

Keuntungan Tambahan

Berikut ini adalah beberapa manfaat tambahan dari Bonus Kumulatif dalam asuransi kesehatan.

  • Untungnya, Bonus Kumulatif tidak terpengaruh oleh pemeriksaan kesehatan rutin. Jadi Anda dapat memanfaatkan ini tanpa khawatir kehilangan bonus Anda.
  • Bonus Kumulatif berlaku untuk paket asuransi kesehatan individu dan floater. Jadi, Anda dapat menikmati manfaat ini di kedua paket.
  • Dengan inflasi yang terjadi secara berkala di dalam negeri, peningkatan uang pertanggungan pasti akan membantu mengimbangi kenaikan biaya.
BACA  Apa itu Asuransi Kesehatan & Manfaat Paket Asuransi Kesehatan Bersalin

Kesimpulan

Berinvestasi dalam asuransi kesehatan memberikan pengembalian baik Anda mengajukan klaim selama masa polis atau tidak. Perusahaan asuransi kesehatan memberi penghargaan kepada pelanggan yang tetap bugar dan tidak mengajukan klaim apa pun dengan menawarkan Bonus Kumulatif kepada mereka dalam jangka waktu berturut-turut. Bonus Kumulatif dapat berupa penurunan premi polis atau peningkatan uang pertanggungan. Either way, Anda akan mendapatkan keuntungan. Jadi, cobalah untuk menyelesaikan sendiri biaya pengobatan yang kecil dan nikmati lebih banyak perlindungan finansial di masa depan.