Asuransi

Bagaimana Cara Klaim Asuransi Kesehatan Perorangan?

Di zaman sekarang ini, sangatlah penting untuk memiliki polis asuransi kesehatan bagi setiap individu terlepas dari gaya hidup dan kondisi kesehatannya. Ada syarat dan prosedur tertentu yang terkait dengan memiliki dan mengklaim polis asuransi.

Apa itu Polis Asuransi Kesehatan Perorangan?

Polis asuransi kesehatan individu adalah perlindungan kesehatan yang memberikan pertanggungan finansial untuk perawatan medis individu saja. Polis asuransi kesehatan perorangan memberikan pertanggungan untuk biaya rawat inap, biaya pra dan pasca rawat inap, biaya donor organ, sewa kamar, perawatan rumah, dll.

Polis asuransi kesehatan individu membantu Anda mengurangi risiko keuangan yang mungkin terjadi karena salah satu dari berikut ini:

  • Kecelakaan
  • Penyakit atau penyakit yang tiba-tiba
  • Pembedahan

Penyelesaian klaim asuransi kesehatan individu dapat dilakukan dengan 2 cara – klaim cashless atau klaim reimbursement. Sifat penyelesaian klaim tergantung pada jenis rumah sakit yang Anda pilih untuk perawatan medis.

Asuransi Kesehatan Perorangan – Proses Klaim Cashless

Jika Anda mendapatkan perawatan di rumah sakit jaringan perusahaan asuransi, Anda dapat memilih proses klaim tanpa uang tunai. Disebutkan di bawah ini adalah langkah-langkah yang terlibat dalam proses klaim cashless.

Langkah 1: Memberi tahu Penanggung

Setelah dirawat di rumah sakit, pemegang polis wajib memberi tahu penanggung baik secara langsung atau melalui TPA dalam waktu 24 jam setelah rawat inap. Jika Anda memilih klaim tanpa uang tunai di rumah sakit jaringan perusahaan, Anda dapat menghubungi departemen mediclaim rumah sakit tersebut.

BACA  Pengaya yang Berguna untuk Memilih Paket Asuransi Kesehatan Orang Tua

Langkah 2: Tunjukkan Kartu Kesehatan

Departemen mediclaim kemudian akan meminta Anda untuk menunjukkan kartu kesehatan Anda dan memberikan rincian terkait polis dan perusahaan asuransi.

Langkah 3: Pemeriksaan Identitas

Mereka kemudian akan membutuhkan bukti identitas Anda untuk pemeriksaan identitas dan keperluan verifikasi.

Langkah 4: Persetujuan Dokumen

Departemen mediclaim Rumah Sakit akan memberikan dokumen Anda kepada perusahaan asuransi dan mereka kemudian akan memverifikasi dokumen Anda untuk proses lebih lanjut.

Langkah 5: Penyelesaian Klaim

Klaim akan diselesaikan oleh perusahaan asuransi dan mereka akan menyelesaikan semua tagihan dari pihak mereka, Anda tidak perlu membayar apa pun dari saku Anda.

Asuransi Kesehatan Perorangan – Proses Klaim Penggantian

Jika Anda mendapatkan perawatan di rumah sakit non-jaringan dari perusahaan asuransi, Anda perlu membayar tagihan dari saku Anda dan kemudian perusahaan asuransi akan memberikan jumlah penggantian kepada Anda sesuai dengan biaya yang dikeluarkan sebesar uang pertanggungan. Disebutkan di bawah ini adalah langkah-langkah yang perlu diikuti untuk mendapatkan klaim penggantian.

Langkah 1: Memberi tahu penanggung

Setelah dirawat di rumah sakit, pemegang polis wajib memberi tahu penanggung baik secara langsung atau melalui TPA dalam waktu 24 jam setelah rawat inap.

Langkah 2: Siapkan Dokumen

Anda harus menyiapkan dokumen Anda untuk pengajuan proses klaim. Dokumen tersebut akan mencakup formulir klaim yang diberikan kepada Anda oleh perusahaan tempat Anda memberikan jumlah dan biaya yang Anda ajukan untuk klaim.

BACA  Hal yang Wajib Anda Ketahui Tentang Asuransi Kesehatan untuk NRI

Langkah 3: Kirim Dokumen

Anda kemudian akan diminta untuk menyerahkan dokumen yang diminta oleh perusahaan asuransi yang ditandatangani dan dicap.

Langkah 4: Persetujuan Dokumen

Perusahaan asuransi kemudian akan memverifikasi dan menyetujui dokumen sesuai persyaratan dan standar untuk memeriksa keaslian klaim dan mengevaluasi jumlah penggantian.

Langkah 5: Penyelesaian Klaim Klaim

kemudian akan diselesaikan oleh perusahaan asuransi dalam waktu satu bulan setelah pengajuan klaim dan Anda akan mendapatkan jumlah tersebut di rekening bank yang Anda berikan.

Dokumen yang Diperlukan Untuk Penyelesaian Klaim Asuransi Kesehatan Perorangan

Untuk mengajukan klaim asuransi kesehatan seseorang harus siap dengan dokumen yang diperlukan untuk saat darurat. Disebutkan di bawah ini adalah dokumen yang diperlukan untuk mengajukan klaim asuransi kesehatan individu.