Asuransi Mobil

5 Kesalahan Saat Membeli Asuransi Mobil Secara Offline

Di bidang teknologi, sekarang mengalami kemajuan yang lebih cepat dibandingkan beberapa dekade yang lalu. Internet memiliki peran besar dalam pertumbuhan ini. Misalnya, membeli asuransi mobil secara online jauh lebih nyaman daripada membeli polis yang sama secara offline. Tetapi jika Anda yakin bahwa asuransi offline lebih baik, biarkan kami membantu Anda dengan beberapa kelemahannya. Pada artikel ini, kita membahas hal-hal yang bisa salah saat membeli asuransi mobil secara offline.

Apa itu Asuransi Mobil Offline?

Asuransi mobil offline hanya mengacu pada membeli asuransi mobil dengan mengunjungi perusahaan asuransi secara pribadi atau melalui agen asuransi. Ini melibatkan penyerahan dokumen fisik dan penandatanganan dokumen. Ketika Anda menerima polis asuransi mobil Anda, Anda harus menyimpannya dengan aman karena ada kemungkinan Anda kehilangan dokumen ini. Jika Anda kehilangannya, Anda mungkin harus membayar denda lalu lintas karena Anda harus menunjukkan dokumen tersebut ketika diminta oleh polisi lalu lintas.

1. Anda Bisa Membayar Lebih

Ada banyak biaya operasional yang terlibat ketika Anda membeli polis asuransi mobil secara offline. Plus, jika Anda mengambil bantuan agen asuransi, maka biaya polis Anda meningkat lebih jauh. Semua ini mengarah pada kebijakan yang mahal. Tidak ada jaminan bahwa Anda mendapatkan nilai uang sebagai ganti pertanggungan yang Anda terima.

2. Tidak ada Pilihan untuk Membandingkan Paket Asuransi Mobil

Agen asuransi mobil Anda akan memberikan brosur dari perusahaan asuransi. Ini berisi berbagai rincian rencana, dan agen asuransi akan memberikan penawaran untuk polis Anda. Tetapi tidak ada pilihan mudah yang tersedia untuk membandingkan rencana dari perusahaan asuransi yang berbeda dan mengetahui apa yang ditawarkan oleh rencana lain di pasar. Membeli asuransi mobil tanpa membandingkan rencana dapat menyebabkan kebijakan harga yang terlalu tinggi dengan manfaat yang lebih sedikit.

BACA  Cara Menurunkan Premi Asuransi Mobil Bulanan

3. Anda Wajib Bergantung Pada Agen Asuransi

Beberapa pemilik mobil mungkin tidak menyadari seluk beluk polis asuransi mobil, dan taruhan terbaik di sini adalah menyewa agen asuransi. Tetapi melakukan hal itu meningkatkan ketergantungan Anda pada mereka. Apakah ini hal yang buruk? Yah, itu tergantung pada seberapa baik agen asuransi Anda. Beberapa akan memandu Anda untuk mendapatkan pertanggungan terbaik, sementara yang lain mungkin bersikeras untuk mendapatkan pertanggungan yang mungkin tidak Anda butuhkan.

4. Tidak Ada cara Memeriksa Reputasi Perusahaan Asuransi

Saat membeli asuransi mobil secara offline, Anda sebagian besar bergantung pada informasi dari mulut ke mulut untuk mengetahui seberapa baik (atau buruk) sebuah perusahaan asuransi mobil. Tidak seperti asuransi offline, membeli asuransi online memungkinkan Anda untuk memeriksa ulasan dan peringkat bintang dari pelanggan yang sudah ada. Dengan demikian, Anda memahami seberapa baik perusahaan asuransi Anda di masa depan.

5. Asuransi Mobil Offline Adalah Proses yang Memakan Waktu

Membeli asuransi mobil secara offline membutuhkan investasi waktu dan uang Anda. Prosesnya dimulai dengan Anda menghubungi agen asuransi dan mengatur pertemuan. Kemudian Anda mengisi formulir proposal dan melampirkan dokumen untuk mengajukan polis. Berikutnya adalah persetujuan, dan akhirnya, sebuah kebijakan dibuat. Di sini Anda menerima salinan fisik dokumen melalui surat.

Seluruh proses dapat dengan mudah memakan waktu sekitar 7 hingga 10 hari kerja. Jika polis Anda sebelumnya kedaluwarsa antara periode ini, Anda tidak akan diasuransikan dan terkena kerugian finansial jika Anda memutuskan untuk mengemudikan mobil.

BACA  Bagaimana Proses Klaim Asuransi Mobil Bekerja?