Asuransi

Hal yang Wajib Anda Ketahui Tentang Asuransi Kesehatan untuk NRI

Dunia telah menjadi desa global berkat kemajuan teknologi, digital dan lainnya. Ya, pandemi COVID-19 telah membatasi frekuensi perjalanan, tetapi orang masih dan akan terus bergerak melintasi negara dan benua. Beberapa melakukannya sebagai bagian dari pekerjaan mereka, sementara beberapa melakukannya untuk alasan pribadi. Apapun alasan untuk bepergian, seseorang harus dilindungi oleh asuransi kesehatan. Tapi di mana ini meninggalkan Non-resident Indians (NRI)? Baca dulu untuk jawabannya, karena artikel ini berfokus pada asuransi kesehatan untuk NRI di India.

Asuransi Kesehatan untuk NRI

Jika Anda seorang NRI dan berpikir untuk mengunjungi India, maka Anda harus memiliki semacam perlindungan asuransi kesehatan untuk memastikan dukungan keuangan jika terjadi keadaan darurat medis. Apakah Anda ingin membelinya untuk jangka pendek atau jangka panjang terserah Anda dan rencana perjalanan Anda.

Asuransi kesehatan untuk NRI adalah kategori yang didasarkan pada status tempat tinggal resmi dari orang yang ingin diasuransikan di India. Mungkin ada implikasi hukum dan pajak untuk ini; oleh karena itu, seseorang harus benar-benar mematuhi proses dokumentasi yang disebutkan saat membeli atau memperbarui dan mengajukan klaim terhadap polis ini.

Pentingnya dan Manfaat Memilih Asuransi Kesehatan Untuk NRI

Inilah mengapa sangat penting bagi NRI untuk dicakup dalam polis asuransi kesehatan yang dibeli di India.

1. Tidak ada Batasan Geografis

Polis asuransi kesehatan sering kali datang dengan batasan geografis. Jika Anda sudah memiliki polis asuransi kesehatan di negara tempat tinggal Anda (misalnya, AS), mungkin tidak ada atau cakupan terbatas di luar batas geografisnya. Namun, ketika Anda membeli asuransi kesehatan di India, Anda tidak akan memiliki batasan geografis tersebut dan dapat memanfaatkan cakupan asuransi di seluruh negara (India).

BACA  Manfaat Paket Asuransi Kesehatan Kanker

2. Cakupan yang Memadai

Sebagai NRI, Anda mungkin rentan terhadap masalah kesehatan tertentu saat mengunjungi India. Misalnya, masalah terkait flu atau masalah terkait perut. Jika Anda membeli polis asuransi kesehatan di India, Anda dapat memanfaatkan cakupan yang memadai sesuai kebutuhan Anda. Misalnya, memilih uang pertanggungan yang tinggi bersama dengan Pertanggungan Kecelakaan Diri.

3. Penyelesaian Klaim Tanpa Kerumitan

Jika Anda menghadapi masalah medis dan perlu mengajukan klaim, menyelesaikannya dengan perusahaan asuransi yang berbasis di India (misalnya, ACKO) kemungkinan akan lebih mudah dibandingkan dengan yang berbasis di negeri asing. Ini jika Anda dilindungi oleh kebijakan mereka di India. Misalnya, dengan perusahaan asuransi yang berbasis di India, Anda dapat langsung memanfaatkan klaim tanpa uang tunai karena mereka akan memiliki ikatan dengan beberapa rumah sakit. Dengan demikian, prosesnya akan tidak merepotkan. Namun, hal yang sama mungkin tidak dapat dilakukan dalam kasus perusahaan asuransi yang berbasis di luar negeri, karena akan ada banyak komunikasi, dokumentasi, inspeksi, dll., yang dapat memakan waktu.

4. Manfaat Pajak

Membeli polis asuransi kesehatan tidak hanya menawarkan dukungan keuangan untuk masalah medis yang ditanggung tetapi juga menawarkan manfaat pajak. Anda dapat memanfaatkan manfaat pajak berdasarkan bagian 80 D dari Undang-Undang Pajak Penghasilan India untuk membeli asuransi kesehatan di India. Ketentuan ini terkait dengan pengurangan kewajiban perpajakan atas penghasilan kena pajak di India. Manfaat yang tepat akan tergantung pada premi dan lembaran manfaat pajak untuk tahun keuangan.

BACA  Apakah Penyakit yang Sudah Ada Sebelumnya Tercakup dalam Asuransi Kesehatan?

5. Cakupan Terus Menerus

Jika Anda seorang NRI yang sering bepergian ke India, maka memilih polis asuransi kesehatan di negara tersebut akan membantu Anda dengan cakupan berkelanjutan selama periode polis. Misalnya, jika Anda membeli polis dengan masa pertanggungan dua tahun, Anda tidak perlu khawatir membeli asuransi setiap kali mengunjungi India selama dua tahun tersebut.

6. Keuntungan Masa Tunggu

Beberapa polis asuransi kesehatan mengharuskan Anda untuk menyelesaikan masa tunggu sebelum Anda dapat mengajukan klaim. Ini biasanya berlaku dalam kasus penyakit yang sudah ada sebelumnya yang ada saat membeli polis. Jika Anda seorang NRI yang berencana untuk kembali tinggal di India secara permanen setelah beberapa tahun, maka membeli polis asuransi kesehatan paling cepat akan sangat membantu untuk memenuhi persyaratan masa tunggu. Dengan cara ini, ketika Anda kembali ke India untuk selamanya, masa tunggu Anda akan terpenuhi.

Bagaimana NRI (Non-Resident Indians) dapat Mengajukan Asuransi Kesehatan di India?

Proses pembelian asuransi NRI dapat bervariasi dari satu perusahaan asuransi ke perusahaan asuransi lainnya. Selain itu, prosesnya mungkin tidak semudah untuk penduduk India, di mana penduduk dapat langsung membeli polis asuransi kesehatan online melalui situs web www.w88betz.com atau aplikasi perusahaan asuransi tanpa dokumentasi.

Berikut ini ikhtisar proses aplikasi

  • Hubungi perusahaan asuransi melalui situs web/aplikasi/telepon/email.
  • Penuhi kriteria mereka dengan menyerahkan dokumen yang diperlukan seperti nomor Paspor, rincian Nomor Rekening Permanen (PAN), dll.
  • Pilih paket pilihan Anda.
  • Menjalani tes kesehatan yang diperlukan (jika ada) oleh perusahaan asuransi.
  • Bayar premi yang berlaku.
  • Terima kebijakan.
  • Verifikasi detailnya dan perbaiki jika ada masalah.
BACA  Bagaimana Cara Klaim Asuransi Kesehatan Perorangan?

Apakah NRI Memenuhi Syarat untuk Membeli Polis Asuransi Kesehatan?

Ya, NRI dapat membeli polis asuransi kesehatan di India meskipun mereka dilindungi oleh beberapa polis di negara tempat tinggal mereka. Beberapa NRI mungkin diasuransikan oleh majikan mereka atau mungkin memiliki polis luas yang menawarkan cakupan domestik maupun internasional (dengan batasan). Bahkan dalam skenario seperti itu, NRI dapat memilih polis asuransi kesehatan di India untuk cakupan yang lebih baik.