Asuransi

5 Alasan Anda Wajib Membeli Polis Asuransi Kendaraan Roda Dua

Sebuah kendaraan roda dua menjadi salah satu pilihan yang paling nyaman untuk perjalanan sehari-hari adalah pilihan kendaraan yang populer. Sedemikian rupa sehingga pada tahun 2021 ada 1,5+ crore kendaraan roda dua yang berjalan di jalan. Sepeda atau skuter memberikan kecepatan, manuver yang ditingkatkan melalui celah kecil dalam lalu lintas, dan yang paling penting membeli dan memeliharanya tidak terlalu membebani kantong.

Kendaraan roda dua memiliki banyak nilai plus tetapi juga berisiko dan rawan kecelakaan. Jadi apa yang akan menjadi pilihan Anda untuk cadangan keuangan? Ini adalah asuransi. Mari kita bahas mengapa Anda harus membeli polis asuransi kendaraan roda dua.

Berikut adalah daftar alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk menginvestasikan waktu dan uang untuk membeli polis asuransi sepeda yang sesuai.

1. Wajib Menurut Undang-Undang

Semua aturan dan undang-undang terkait kendaraan disebutkan dalam The Motor Vehicles Act, 1988. Undang-undang ini menyatakan bahwa membeli asuransi sepeda adalah wajib bagi semua pemilik sepeda. Jika Anda gagal melakukannya, itu akan dianggap melawan hukum dan Anda harus membayar denda.

Jika Anda tertangkap satu kali, hukuman untuk mengendarai kendaraan roda dua tanpa asuransi adalah Rs. 2000. Pelanggaran berulang akan menarik lebih banyak uang. Namun berhati-hatilah, karena Anda juga dapat menghadapi hukuman penjara hingga 3 bulan jika Anda gagal mengasuransikan sepeda.

BACA  6 Cara Memaksimalkan Perlindungan Polis Asuransi Kendaraan Bermotor

2. Memungkinkan Anda Membayar Kompensasi Pihak Ketiga

Seperti disebutkan sebelumnya, sepeda lebih berisiko dibandingkan dengan perlindungan pintu tertutup yang ditawarkan oleh mobil atau kendaraan lain. Plus, Anda perlu menyeimbangkan sepeda setiap saat selama perjalanan. Jika ada kecelakaan, Anda mungkin bukan satu-satunya yang terluka. Mungkin ada korban lain yaitu pihak ketiga juga.

Undang-undang mengatakan bahwa Anda harus menanggung biaya kerugian yang diderita oleh pihak ketiga jika Anda bertanggung jawab atas kecelakaan itu. Kerugian ini dapat mencapai lakh rupee tergantung pada tingkat kerusakan yang disebabkan, dan tingkat keparahan kecelakaan. Membeli asuransi sepeda akan membantu Anda menanggung biaya yang terkait dengan cedera, kematian, atau kerusakan properti. Jadi, Anda dapat memberikan kompensasi tepat waktu kepada para korban.

3. Membantu Membayar Tagihan Perbaikan

Terkadang orang cenderung menghindari perbaikan sepeda jika mereka menghadapi krisis keuangan sementara. Memilih jenis transportasi lain cukup umum dalam kasus seperti itu. Berikut adalah contoh.

Tushar memiliki Activa dan itu rusak karena kecelakaan. Dia memiliki jenis dasar polis asuransi sepeda yaitu Rencana Pihak Ketiga. Karena dia tidak memiliki perlindungan asuransi yang cukup untuk perbaikan sepeda, Tushar harus mengeluarkan uang dari sakunya.

Karena krisis keuangan, ia menunda perbaikan dan memilih untuk bepergian dengan becak mobil bersama selama hampir satu bulan. Terkadang dia harus menunggu dalam antrian panjang untuk mendapatkan giliran untuk menyewa tumpangan. Juga, jumlah total uang yang dia keluarkan melalui moda transportasi ini jauh lebih banyak dibandingkan dengan biaya bahan bakar untuk sepeda.

BACA  Hal yang Wajib Anda Ketahui Tentang Asuransi Kesehatan untuk NRI

Tushar tidak perlu menghabiskan begitu banyak jika dia akan membeli asuransi yang memadai untuk sepedanya karena perbaikannya dapat diselesaikan dengan segera.

4. Anda dapat Mengklaim Sekitar

Membeli Polis Asuransi Sepeda Komprehensif memungkinkan Anda untuk yakin terhadap risiko pencurian sepeda. Jika seandainya sepeda Anda dicuri, maka Anda dapat mengumpulkan dokumen pendukung dan mengajukan klaim. Ada komponen asuransi sepeda yang disebut IDV (Insured Declared Value). Anda perlu mengatur jumlah ini dan sangat penting bahwa Anda mengaturnya dengan benar.

Triknya adalah dengan mempertimbangkan perkiraan nilai pasar sepeda saat ini dan menetapkan IDV dalam kisaran tersebut. Perusahaan asuransi Anda akan membayar IDV sepeda Anda jika klaim disetujui. Dengan demikian, Anda menghadapi kerugian finansial minimum bahkan dalam kasus pencurian sepeda.

5. Anda Akan Mendapatkan Kompensasi

Kesalahpahaman utama yang dimiliki banyak orang adalah bahwa kerusakan akibat bencana alam tidak ditanggung dalam asuransi sepeda. Yah, itu. Asuransi kendaraan membantu Anda jika sepeda Anda rusak karena bencana alam atau buatan manusia seperti banjir, gempa bumi, huru-hara, perusakan, tanah longsor, dll.